Cara membuat Database di XAMPP

| |

Cara membuat Database aplikasi XAMPP di Windows

Perkenalan

Bagaimana cara membuat database di XAMPP? Sebelum kita dapat meng-install WordPress, terlebih dahulu kita harus meng-install database di MySQL / MariaDB. Seperti yang dijelaskan dalam artike sebelumnya mengenai wordpress. Database ini berfungsi sebagai penyimpanan data-data website mulai dari komen, gambar, tulisan artikel, setting dan lain sebagainya. Sehingga website akan menjadi dinamis, dan mempermudah kita dalam memanajemen website.

Syarat untuk membuat database tentu harus meng-install aplikasi database. Bagaimana cara meng-install aplikasi database yang mudah menggunakan aplikasi XAMPP, silahkan untuk mengunjungi:

Cara meng-install XAMPP di windows

Cara menjalankan aplikasi XAMPP di windows

Berikut cara membuat Database di XAMPP

Berikut Langkah-langkah membuat database MySQL / MariaDB di XAMPP:

1. Bukalah aplikasi XAMPP yang terdapat di Start menu atau Desktop. Apabila tidak menemukan dikedua tempat tersebut. Bukalah folder XAMPP yang disimpan pada saat installation, apabila tidak dirubah secara default terletak di C:\xampp. Klik 2x pada xampp-control.exe.

2. Setelah terbuka maka akan muncul XAMPP control panel. Klik START pada modul Apache dan MySQL, tunggu masing-masing sampai tombol berubah menjadi STOP. Kemudian Pada modul MySQL, tekan tombol Admin, atau silahkan buka web browser dan ketik http://localhost/phpmyadmin atau http://127.0.0.1/phpmyadmin

3. Klik menu Database, kemudian isikan nama database yang diinginkan, kemudian klik Create. Di artikel ini nama database adalah “dbwpblog”.

4. Setelah berhasil membuat database, maka nama database akan muncul di sebelah kiri menu. Sampai langkah ini, kita sudah berhasil membuat database dengan user dan password ialah root. Namun apabila ingin membuat user yang lain, silahkan klik Add user account di menu bawah.

Cara dan Langkah-langkah menambahkan user baru:

1. Setelah meng-klik Add user account pada menu paling bawah, kemudian akan muncul web add user account, isikan:

– Username

– Password 2 kali

– Grant all privileges on database

2. Kemudian scroll sedikit ke bawah, kemudian Check all untuk global privileges. Kemudian klok Go pada menu paling bawah kanan.

3. Setelah selesai akan muncul web berikut, yang artinya telah berhasil membuat user baru (userdbku) untuk database “dbwpblog”.

Kesimpulan

Membuat database dengan benar merupakan hal yang penting dalam membuat sebuah website. Oleh karena itu, cara dan langkah-langkah harus sesuai dengan aturan yang ada. Semoga dengan membaca artikel ini, setidaknya mengenal bagaimana cara membuat database dengan mudah. Sekian semoga bermanfaat.

1, 'include' => $prevPost->ID ); $prevPost = get_posts($args); foreach ($prevPost as $post) { setup_postdata($post); ?>
Previous

1, 'include' => $nextPost->ID ); $nextPost = get_posts($args); foreach ($nextPost as $post) { setup_postdata($post); ?>

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: